Selasa, 04 Maret 2014

Tips Membersihkan Rantai Sepeda

Mungkin ini tips yang mudah. Namun, kita sering kali melupakanya. jadi, karena lupa, waktu bersepeda diakhir pekan, ketika dikayuh sepeda anda mengeluarkan bunyi ‘cit-cit’ atau ‘kretek-kretek’. Itu tandanya rantai kering, atau kotor. Dan hati-hati, jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, rantai bisa ‘getas’ dan kalau putus di tengah trek bikin susah bukan ?
jadi nih gw kasih tips tipsnya biar tuh rantai "sehat" selalu :D


  1. Semprot rantai dengan chain cleaner, tujuannya adalah untuk ‘merontokkan’ bekas pelumas lama yang telah bercampur dengan debu dan pasir sehingga membuat rantai kotor. Nah di sinilah fungsi chain cleaner. Ada sebagian pesepeda yang berpendapat jauhi chain cleaner untuk membersihkan rantai karena ini yang bikin rantai kering. sebetulnya penggunaan chain cleaner tidak masalah jika langkah berikutnya kita lakukan. Setelah didiamkan 2 - 3 menit, semprot dengan kucuran air, sikat sampai bersih dan terlihat mengkilat. Selain menggunakan chain cleaner pada rantai, bagian cassete juga memerlukan larutan ini. Setelah semprotan air kita lakukan, kemudian lap menggunakan kain kering sampai kering.

  2. Tahap terakhir adalah semprot rantai dan cassete dengan chain lube. Pelumas khusus rantai lebih dianjurkan karena pelumas jenis ini akan meninggalkan lapisan tipis silicon, tidak menjadi kering dan kesat setelah waktu yang lama. Tidak dianjurkan menggunakan pelumas dengan kandungan wax karena sifatnya yang nampak kering/tidak basah yang justru mengundang debu cepat menempel pada rantai.
ada lagi lebih mudahnya caranya, cekidot......


  1. Lepas rantai menggunakan chain cutter.
  2. masukkan rantai ke wadah plastik yang telah diisi dengan bensin setinggi 3-5cm. aduk-aduk dengan tangan agar melekat dengan rantai dengan sempurna biarkan beberapa saat agar bensin dalam wadah merontokkan kotoran yang melekat pada rantai sepeda.
  3. keluarkan,lap rantai dengan kain kering, dan semprot dengan chainlube. (sebelum memasang rantai, pastikan anda juga membersihkan cassetenya) dan pasang kembali rantai pada sepeda.

    Sangat simpel bukan ?. Semoga artikel ini bermanfaat, karena berguna banget buat para pesepeda.




sumber: http://indonesiacycling.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar