Senin, 26 Mei 2014

Multimedia Design Principles


Berhubung tadi gw harusnya belajar ini tapi dosennya berhalangan hadir jadi ya gw share aja apa yang harusnya gw pelajarin tadi, & ini dapet dari blog sebelah hehehe :D











·         
Arsitektur Informasi :
§  Linear / Sequential : menceritakan 
§  Hierarchial : Informasi Terorganisasi
§  Network/Web : exploring
         
·         Isu Struktural : Depth/Kedalaman, Breadth/Meluas

·         Navigasi
§  Pertanyaan kunci : di mana saya, dari mana saja, ke mana bisa pergi
§  Teknik Navigasi : Browsing, Searching, Site Maps, Indexes
§  Menyediakan indikator - you are here (Cascading menus,Thumbnail mapsColor coding)
§  Menyediakan fasilitas Search (sitemaps)
·         Atribut Usability
§  Kecocokan antara sistem dan dunia nyata
§  Kendali dan kebebasan (undo n redo)
§  Konsistensi dan standarisasi : quit atau exit
§  Pencegahan kesalahan
§  Fleksibilitas dan efisiensi penggunaan
§  Estetika dan perancangan minimalis
§  Bantu user menegnali dan memperbaiki kesalahan
·         Isu Desain Interface :
ü  Hyperlinks, Ions, and Buttons
Ø  Gunakan warna umum u/mengindikasikan status hyperlinks(sellected, rollover, clicked)
Ø  Gunakan Icon yang standard, jgn yang baru
Ø  Bgmn kalo button dipilih : higlight atau berubah bntk
ü  Penempatan : jangan gunakan centered text, allignment harus seragam di seluruh halaman web.
ü  Teks : tampilkan informasi kunci lebih dulu, sans sherif lebih mudah dibaca, maksimal 2 typeface, perhatikan hierarki informasi, gunakan bullet2
ü  Warna : warna hangat dan cerah terlihat lebih besar daripada warna dingin dan gelap. Jangan gunakan warna kuat dan warna primer sebagai background.
ü  Ukuran dan resolusi layar
·         Poin2 perancangan Interface : tentukan area kendali dan area utama, gambar background jgn ramai, pilih button yang tepat, perlihatkan kepentingan informasi secara visual, KISS
·         Metafora : Aplikasi yang kompleks akan mudah dimengerti jika user interfacenya memakai sesuatu yang sudah umum, juga membuat user mengingat aturan aplikasi sesedikit mungkin.
·         Isu-isu Metafora :
ü  digunakan u/ menggambarkan aplikasi, bukan button
ü  bisa ada bbrp dlm 1 aplikasi tp tidak selalu harus ada
ü  Gunakan metafora yang banyak dikenal
ü  Metafora berbeda2 pada berbagai kebudayaan

Sumber: http://nirezchen.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar